Bismillah…

Urgent banget harus minum obat lambung ini.
Sebagai penderita GERD dengan refluks biller, sebelum hamil obat ini memang cukup sering saya konsumsi. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi produksi asam lambung saya yang tinggi.
Ditambah lagi dengan refluks biller, kondisi dimana katup pada bagian bawah lambung tidak bisa otomatis bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga seringkali memberikan efek makanan tidak bisa dicerna dengan baik yang akhirnya berakhir dengan makanan kembali keluar (muntah). Dari awal kehamilan, GERD ini cukup membuat saya kesulitan makan, heartburn yang sangat mengganggu, yang ujung2nya berakhir dengan sensasi seperti rasa tercekik pada bagian kerongkongan. Sensasi tercekik itu terjadi akibat produksi asam lambung yang terus meningkat disertai kondisi posisi lambung yang hari demi hari terus tertekan ke atas oleh perkembangan janin.
Akhirnya mau tidak mau, saya harus kembali konsumsi obat Lansoprazole ini. Menurut Pregnancy Category (US FDA) obat ini masuk dalam kategori B. Obat kategori B adalah obat yang tidak terbukti menyebabkan kecacatan pada janin.
Meski sbenarnya memang tidak dianjurkan untuk ibu yang berencana hamil, ibu hamil dan menyusui.
Namun dengan pengawasan dari dokter terkait dan dengan indikasi medis yang tepat obat ini InsyaAllah aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Bismillah…
Tidak ada kata lain yang bisa saya sebut selain Bismillah…

Bunda harus sembuh, dede juga harus sehat ya nak… Aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s