Alhamdulillah… akhirnya bisa bersin juga semenjak H+7 pasca operasi laparoskopi. Luka operasi di bagian perut menyebabkan reaksi bersin saya terganggu karena otot-otot di perut masih mengalami trauma luka. Lalu apa hubungannya otot perut dengan bersin?

Nah, bersin itu merupakan suatu reaksi di bagian rongga hidung dimana ketika bersin terjadi bagian otot perut akan otomatis bekerja seperti halnya ketika kita batuk.

Sebenarnya bersin itu apa sih? Hingga bersin dikatakan memiliki manfaat bagi tubuh. Dan jika kita menahan bersin justru akan memberi dampak yang buruk untuk kesehatan.

Bersin merupakan suatu reaksi alami pada tubuh manusia dimana udara semi otonom keluar dengan keras melalui hidung dan juga mulut. Udara yang keluar tersebut bisa mencapai 250 km/jam atau 70 m/detik. Ketika bersin terdapat 40 ribu butir partikel air dan juga udara yang dikeluarkan dalam satu kali proses bersin. Itu sebabnya ketika bersin, virus lebih cepat menyebar dan menularkan penyakit dengan sangat cepat melalui butir-butir air dan udara tadi dengan diameter sekitar 0,5 – 5 m.

Menurut para ahli, bersin adalah suatu reaksi penyesuaian rongga hidung terhadap benda asing atau partikel yang mengganggu hidung. Sehingga reaksi hidung untuk menyingkirkan dan membersihkan partikel tersebut adalah dengan bersin. Umumnya bersin terjadi ketika seseorang sedang mengalami influenza. Namun ketika seseorang sering bersin-bersin, hal itu bisa menjadi gejala adanya suatu penyakit pernafasan, misalnya saja rhinitis.

Dengan penjelasan diatas, terbukti bahwa bersin memiliki manfaat yang wajib kamu ketahui:

  1. Bersin dapat mengeluarkan virus, bakteri dan penyakit yang bersemayam didalam tubuh.
  2. Bersin dapat membersihkan rongga hidung.
  3. Bersin dapat merefresh tubuh sehingga otot-otot di area wajah menjadi segar kembali.

Sekarang kamu tak perlu lagi malu-malu untuk bersin ya.. Dan jangan sekalipun mencoba menahan bersin. Karena dampaknya sangat buruk bagi tubuh khususnya rongga sinus pada hidung. Dengan bersin semua cairan atau ingus memang diharuskan keluar. Namun jika bersin ditahan, maka ingus tak mampu keluar. Akibatnya kamu bisa terkena penyakit sinusitis. Penyakit pada rongga sinus hidung karena cairan atau ingus yang penuh bakteri dan virus tertampung didalam rongga sinus dan tak dapat dikeluarkan.

Memang tak selalu menahan bersin bisa berakibat terkena sinusitis. Karena faktor penyebab penyakir sinusitis juga sangat kompleks. Seperti sinusitis yang saya alami sendiri, disebabkan karena penyakit alergi keturunan dan dulu saya pernah menahan bersin.

Jadi, jika harus bersin, bersinlah… Tentu dengan adab bersin yang baik dan benar yaitu menutup bagian hidung dan mulut ketika bersin. Supaya bakteri dan virus tak menyebar ke sekeliling kita. Adab bersin dan batuk dibuat untuk menghargai hak sehat orang-orang di sekitar kita. Sehat itu mahal bukan… Semoga bermanfaat..

Advertisements

2 thoughts on “3 Manfaat Bersin Yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s