Assalamu’alaikum …

Perkenalkan nama saya RaRa.

Untuk pertama kalinya, di blog ini, saya akan mengawalinya dengan penjabaran istilah ‘Dapur’ yang saya gunakan sebagai nama blog ini.

Siapa sih yang tak kenal kata ‘Dapur’? Ya, sebuah kata yang selalu identik dengan perempuan. Dimana ada dapur pasti disitu pula ada perempuan. Dapur merupakan suatu tempat yang digunakan sebagai tempat memasak. Begitulah secara harfiah pengertian dapur yang kita kenal.

Namun, pengertian dapur tidak hanya sebatas itu bagi saya. Saya menganalogikan dapur sebagai ruang hati dalam setiap tubuh manusia. Khususnya perempuan. Mengapa demikian? Karena di dalam tubuh perempuan terdapat berjuta-juta sel-sel keajaiban yang membuat perempuan itu begitu unik.

Ya, saya menyebut perempuan itu unik. Allah SWT menciptakan perempuan dengan begitu kompleks. Allah SWT mentakdirkan perempuan dengan segudang rahasia kehidupan yang sangat istimewa. Itu sebabnya ada istilah ‘Surga itu di telapak kaki Ibu’. Istilah tersebut bermakna sangat besar. Dimana setinggi-tingginya seorang kepala baik kepala rumah tangga maupun kepala negara sekalipun, mereka harus selalu berbakti pada Ibu.

Siapa yang lebih sering menangis? Jawabannya pasti perempuan.

Siapa yang lebih sering moody? Jawabannya juga perempuan.

Begitu kompleksnya alur kehidupan perempuan yang menjadikannya teramat istimewa dalam kehidupan manusia.

Jika kita menilik bentuk-bentuk dapur yang ada di dalam rumah. Ada yang berbentuk L, U, ataupun bentuk dapur minimalis lainnya yang kini semakin unik dan membuat setiap keluarga selalu nyaman berada di dapur. Begitu pula lah hati perempuan. Banyak sekali bentuk-bentuk hati yang menggambarkan perasaan perempuan. Dimana semakin nyaman hati dan perasaan perempuan, maka akan semakin tentram seisi rumah. Itu sebabnya, betapa dapur sangat penting dalam rumah tangga. Bukan saja hanya untuk tempat memasak hidangan favorit keluarga. Namun juga sebagai pengikat hubungan diantara seluruh anggota keluarga.

Tak heran jika menikmati hidangan Ibu atau istri tercinta menjadi semakin lezat dan akrab ketika dinikmati dalam kebersamaan di ruang meja makan ataupun dapur. Disitulah tempat bercengkrama paling indah dalam sebuah keluarga.

Jadi, dapur bukan saja tentang bumbu-bumbu masak, alat-alat penggorengan, tempat piring kotor dan bersih, tempat Ibu memasak resep-resep baru, namun dapur juga merupakan tempat mengekspresikan semua inspirasi perempuan baik itu dalam hal masakan, pengelolaan keuangan, pengelolaan kesehatan untuk tiap anggota keluarga, dan juga tempat siaga untuk segala keluh kesah kehidupan yang akan selalu ada.

Dapur itu perempuan. Ibarat mau bikin lagu, antara lirik, aransemen musik, hingga nuansa lagu yang akan diciptakan, semua itu bergantung pada sebuah hati, pola pikir, pola asuh, dan kebijaksanaan dapur (hati) perempuan.

Seorang psikolog ternama, Ibu Elly Risman pernah berkata kepada saya, “Seorang Ibu yang tak bisa memberi makan anaknya, kelak anaknya pun tak bisa memberi makan anak-anaknya.”

Maksud dari kalimat itu adalah apapun yang dilakukan seorang Ibu akan selalu berdampak pada kehidupan keluarga terutama bagi anak-anaknya. Tentu tiap Ibu dan keluarga ingin memiliki anak-anak yang sukses masa depannya. Bukan hanya sukses secara prestasi namun juga sukses secara akhlaq hingga psikologi anak yang siap untuk menjalani kehidupan dunia yang penuh perjuangan.

So, Perempuan semua… Ternyata peran perempuan, Ibu itu sangat besar lho terhadap keberlangsungan kehidupan.

Selalu inget ya..  D A P U R = H A T I

Singing….

“Jagalah hati, jangan kau nodai, jagalah hati lentera hidup in…”

“Jagalah hati, jangan kau kotori, jagalah hati cahaya Illahi…”

Wassalamu’alaikum …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s